Qur'anan Online


Ada yang menarik dari acara Qur'anan Online ini. Jadi ceritanya saya disuruh Bapak saya ikutan Qur'anan di grup WA KPNU Ngadirejo. Acara itu serentak dimulai pukul 20.00 WIB.
 Nah saya mau-mau aja ikutan, karena cuman baca satu juz, ringan. Akhirnya saya mendaftar. Bapak saya uda ndaftar duluan, ngajak saya dan Ibu saya ikutan. Akhirnya dari keluarga saya berpartisipasi 3 juz.
Nah, begitu uda jam 8, ibu saya uda nyuruh² mulai ndarus. Saya masih males²an karena masih pegang hape. Ibu saya mulai duluan. Dan saat saya dengerin bacaan Ibu saya, ternyata beliau bacanya sudah lambat², harus pake kacamata lagi. Selang 15 menit saya baru aja mulai. 
Setelah beberapa menit, saya sudah selesai baca juz 23, Ibu saya yang tadi nyuruh² mulai duluan, malah belum selesai baca satu juz. Akhirnya beliau minta saya nyelesaiin bacaannya yang kurang 2 lembar. Okelah cuman 2 lembar. Tapi, yang lebih menjengkelkan lagi, Bapak saya, aktor utama yang mengkoar²kan Qur'anan Online ini, mendadak bilang sakit punggung, dan mau pijitan. Wal hasil, saya disuruh baca juz yang diambil Bapak saya. Akhirnya Qur'anan yang semula cuman baca satu juz, menjadi 2 juz lebih.

Pesan moralnya sebenarnya bukan di tingkah orang tua saya. Yang mungkin sudah jarang baca Qur'an, jadi bacaannya lambat², bahkan sudah ngga terlalu liat kalo baca Qur'an. Atau Bapak saya yang nyari alasan biar beliau ngga baca Qur'an.
Tapi ini loh. Acara Qur'anan Online ini termasuk ide baru, menurut saya. Jadi juz²nya dibagi di grup, dan peserta tinggal baca serentak di rumah masing². Ini saya baru tahu ada ide Qur'anan Online kayak gini. Dan mungkin ini berguna banget di kondisi sekarang, yang harus #dirumahaja. Jadi bisa mempositifkan DuniaMaya yang sudah terkenal "banyak negatifnya" di mata masyarakat.
Sekian. Salam pena.
Saina. Maulana.