My Effort


Nama pena, Saina Maulana.

Penulis, punya blog, wattpad, storial, punya satu buku antologi puisi, pernah mendirikan komunitas membaca, dan suka nulis quptes di twitter dan instagram.

Musisi, menciptakan 15 lagu, 7 diantaranya di post di Youtube, instagram, soundcloud, dan reverbnation. Pernah manggung bareng komunitas musik, dan kini bikin akun repost video di Instagram.

 

29 September 2021

Hidup hanya sekali, hanya beberapa tahun, dan hanya akan menjadi sia-sia jika hidup hanya tentang lahir, makan, tidur, bekerja, menikah, tua dan mati. Maka dari itu, kehidupan yang saya jalani mungkin ingin saya buat semenarik. Dengan melakukan beberapa hal yang keluar dari konteks kehidupan biasa-biasa saja, seperti contoh alur sistem hidup diatas. Berikut adalah beberapa hal yang saya tekuni untuk mewujudkan semua itu, karena saya adalah seorang pemimpi. Di tulisan ini akan saya terangkan beberapa mimpi saya dari mulai jaman SMP sampai sekarang.

MUSIK

Di mulai dari bangku SMP kelas 2, saya sudah suka sekali dengan musik. Tapi waktu itu, cuman satu musik yang saya suka, musik rapp. Bahkan bukan ke satu musik, tapi lebih ke satu band yang saya sukai, Bondan & Fade2Black. Satu-satunya band yang saya pilih lagunya tiap hari, dan gak ada band lain yang bisa ngisi playlist di telinga saya. Menginjak bangku SMK, saya mulai mengenal banyak teman dengan favorit aliran musik yang berbeda-beda. Maka dari itu saya berfikir, sepertinya terlalu fanatik jika hanya menyukai satu band. Akhirnya saya coba ngisi playlist lain, dan ternyata masih banyak musik yang bisa saya sukai. Seiring berjalannya waktu, dan bertambahnya lagu yang saya perjalanan. Saya mulai susah menemukan lirik lagu yang memang pas dengan kehidupan saya. Akhirnya, dengan bekal ide untuk tidak hanya menjadi para penikmat, tapi harus juga untuk jadi pembuat, di tahun 2016 saya mulai membuat lagu. Ya, karena tahun itu adalah tahun-tahun kegalauan saya, maklum saja jika lagu yang saya buat adalah tentang kegalauan dalam bercinta, haha. Lagu pertama yang saya buat adalah lagu kolaborasi dengan teman pesantren saya, kebetulan dia juga suka musik dan pengen buat lagu. Dan setelah lagu pertama jadi, saya jadi punya banyak ide untuk membuat lagu lain. Dan jadilah beberapa lagu yang sudah saya buat. Beberapa juga sudah saya rekam, dan saya buat musiknya. Dan tidak melulu tentang cinta, banyak juga lagu yang berkisah tentang kehidupan yang saya tulis. Karena, dengan membuat lagu sendiri, saya lebih leluasa untuk menuangkan kegelisahan tentang kehidupan saya, karena bukan di status facebook, atau story WA, tapi lewat lagu. Dan balik lagi ke aliran musik pertama yang saya sukai, akhirnya saya juga sudah bisa membuat lagu rapp. Playlist lagu ciptaan saya bisa didengarkan di akun youtube saya, The Flacker. Atau bisa klik youtube.com/channel/ucrihx1usqpowuzfs54bg82g . Lagu-lagu saya juga saya post di akun  instagram.com/theflacker , juga bisa didengar di reverbnation,  reverbnation.com/theflacker , atau akun soundcloud saya,  soundcloud.com/littlecaib .

Inget, kalo memang ingin dengerin lagu saya, jangan cuman dengerin suaranya, karena suara saya di bawah rata-rata, tapi pahami juga kata-katanya, bagaimana saya memilih tangga nada, dan pemilihan musik yang semuanya saya buat sendiri pake aplikasi hape. Karena perlu diketahui, saya cuman suka bikin lagu, dan bukan vokalis. Pencipta lagu nggak harus suaranya bagus dong. Project musik yang paling mengena adalah lagu saya yang dinyanyikan oleh orang lain. Ada salah satu lagu saya, lagu kedua, yang dinyanyiin seorang wanita, di arasement chordnya, dan sudah ada video klip-nya. Sudah bisa ditonton di channel youtube saya.

Project bebarengan memang sering saya lakukan saat menuangkan ide dalam bermusik. Ada setidaknya empat lagu yang saya buat bareng temen. Dan karena saya suka bersosialisasi dalam bermusik, saya juga sering main musik bareng temen-temen saat di pesantren. Kita membentuk grup musik dengan nama “Jammycoustik”. Tiap malam jum'at, weekend-nya santri, kita keliling kamar untuk bernyanyi bareng, dan sering ngadain event juga dirumah saat liburan. Salah satu event-nya sudah saya post di akun youtube saya, event itu bertempat di kafe San Marino, Wonosobo.

Selain ikutan grup musik, dalam merangkul para musisi, saya juga membentuk akun publik,  instagram.com/covermusikustik . Akun publik tersebut adalah akun yang menyediakan jasa repost video cover gratis, yang dalam waktu dua bulan sudah ada 100 lebih akun musisi yang ingin me-repost video cover-nya. Dalam mengembangkan akun itu, saya menggaet 9 teman untuk menjadi admin-nya. Jadi di akun itu, kami memuji para musisi yang suka meng-cover lagu, dengan cara me-repost atau meng-upload ulang video cover mereka. Saya membuat akun tersebut karena melihat banyak para musisi di instagram yang suka meng-cover lagu orang lain. Dan sampai sekarang akun itu masih aktif.

            MENULIS

Belum puas dengan musik. Saya mencari ide lain. Karena jujur, hobi saya banyak. Salah satu hobi yang juga udah lama, dari jaman SMK, pas lagi bucin-bucinnya, hobi saya adalah menulis. Berawal dari ide untuk menuangkan tulisan-tulisan galau saya, karena ga berani ngomong langsung ke objeknya, saya memilih untuk menuliskannya. Dan ternyata, berawal dari kebucinan itu, saya jadi menyukai dunia literasi. Terbukti dengan ide membuat sebuah blog, yang berisi berbagai keluhan dalam kehidupan saya, dan karena sudah banyak tulisan yang saya tulis, isinya tidak melulu tentang cinta juga. Jika ingin membaca, buka saja di,  kacretz.blogspot.com , atau di akun storial,  www.storial.co/profile/littlecaib .

            Dari blog itu saya belajar sedikit tentang insight, wawasan, atau seberapa peminat orang dalam menyukai tulisan saya. Ternyata lebih banyak malas dalam membaca tulisan dengan kata yang terlalu banyak, berhubung saya juga ingin membaca banyak orang, saya menulisnya dengan membuat konten quotes, jadilah akun quotes,  instagram.com/quoteskacretz . Di akun itu saya banyak memposting beberapa kata-kata yang hanya satu atau dua kalimat, yang diambil dari tulisan-tulisan saya yang lama, dan beberapa dari kata-kata yang saya ambil dari influencer saya. Selain di instagram, menulis quotes juga sering saya lakukan di akun twitter saya,  twitter.com/littlecaib , dan satu lagi akun twitter yang sedang saya kembangkan,  twitter.com/quoteskacretz.

Dunia literasi, atau dunia tulis-menulis, sangat lama saya jelajahi, karena konteksnya hampir menyeluruh, tentang menceritakan kehidupan sendiri, dan konteks itu adalah dasar dari apa yang saya eksplor ke beberapa hobi saya. Membuat blog dan instagram adalah salah satu wujud dari hobi saya. Selain dua akun itu, masih banyak tulisan-tulisan saya yang belum saya posting, yang masih tercecer di buku catatan saya, salah satunya adalah novel yang saya buat bersama salah satu teman pesantren saya, dengan judul Tiada Setia Yang Sesaat. Novel gagal terposting karena skripnya, yang masih dalam bentuk tulisan tangan, beberapa bagian ada yang menghilang. Tapi beberapa sudah saya posting di blog, dan di akun watpad saya,  wattpad.com/user/littlecaib. Sebenarnya begitu novel itu jadi, saya punya cita-cita untuk jadi novelis, novel itu akan saya kirim ke penerbit, dan saat berhasil dicetak, novel itu akan menjadi karya pertama saya dengan wujud nyata, bukan digital. Tapi ternyata, karya nyata saja jatuh pada Buku Antologi, yang berisi kumpulan puisi dari beberapa penulis di indonesia, yang saya ikuti event-nya di facebook. Buku itu berjudul “Andaikan ini Ramadhan Terakhirku”, di salah satu puisi-nya ada nama saya yang tertera disana. Buku itu adalah patungan dari beberapa penulis, yang bisa terwujud karena iuran dari beberapa penulis. Saya beli dua buku, salah satunya masih tersimpan di rumah saya, dan yang sudah hilang di pesantren, hehe.

Di pesantren, project literasi sering saya lakukan juga. Akan tetapi, kebanyakan malah terbelok ke musik, bukan ke wujud tulisannya, walaupun kita juga masih menulis karya, tapi dalam sebuah lagu. Selain kolaborasi, sosialisasi dalam literasi saya di pesantren masih banyak. Awalnya karena ketemu satu dua orang yang suka baca novel, kami berkreasi, membahas novel-novel yang kita baca. Berawal dari situ, kegiatan rutinitas kami adalah, saling pinjam-meminjam novel. awalnya cuman 4 orang, tapi stok novel minim, kami mengajak orang lain, dan terus-menerus karena mengajak. Jadilah kami juga membentuk komunitas, anggotanya 60 lebih santri.

 Dari menulis, dan suka membaca, saya jadi punya banyak kenalan. Di dalam atau di luar pesantren. Di pesantren, saya dikenal sebagai anak yang hobi membaca. Di luar pesantren, tak ada satu pun orang yang tahu kalo saya suka membaca. Karena, belum pernah saya baca novel, selain di pesantren, haha. Jadi mungkin kalo di pesantren itu lebih banyak gabutnya kali ya, jadi mau aja kalo baca-baca. Kalo dirumah mending ngelakuin hal lain kan, hehe. Tapi, saya masih terus menulis saat dirumah. Lebih menyenangkan karena bisa langsung diketik, dan di post. Facebook adalah media yang sering saya jaga tempat menuangkannya. Berbagai grup menulis saya ikuti, dan dari sana juga saya banyak mengenal banyak teman penulis. Teman-teman dari facebook yang ingin membaca tulisan saya, saya alihkan di sebuah halaman di facebook, facebook.com/kacretz

STAND UP

Selain musik dan menulis, saya juga suka nonton stand up comedy. Dan bukan hanya menikmati, karena kembali ke konteks “Hidup jangan hanya menjadi penikmat, tetapi juga pembuat”, saya tidak hanya menyukai dunia stand up comedy. Saya juga membuat komunitasnya. Berawal dari saat dimana saya mulai merasa jenuh dengan komunitas musik di pesantren, yang anggota-nya semakin banyak, saya menemukan pelarian lain saat diajak bermusik, dan salah satunya adalah mendirikan “SUPCREP”, Stand Up Comedy Remaja Pesantren. Sebuah sarana mengalirkan hobi para komika, dan para penikmat stand up comedy di pesantren. Tetapi ternyata, yang sulit bukan tentang membuat, tapi justru saat mempertahankannya. Karena, komunitas stand up ini sudah hampir beberapa kali tutup buku.

Namun, prestasi yang didapatkan dari komunitas stand up ini cukup memuaskan bagi saya pribadi. Dalam catatan buku saya, karena setiap event saya catat dan saya arsipkan, komunitas ini sudah memiliki event sebanyak 15 kali, dan sudah mencetak 50 lebih komika. Kebanyakan dari komika di komunitas ini adalah komika yang sebelumnya belum open mic, bahkan ada yang sebelumnya tidak mengerti apa itu stand up. Berkat sosialisai yang diadakan setiap setelah acara berakhir, menjadi wawasan para komika komedi yang lebih luas. Komunitas ini juga pernah sekali mengadakan acara diluar pesantren, dan berhasil di rekam. Karena selama di pesantren, dengan berbagai aturannya, kita tidak bisa mendokumentasikannya.

Sekarang, setelah saya dan angkatan saya lulus dari pesantren, komunitas ini belum pernah mengadakan satu kali pun event. Karena memang, dari tahun-tahun sebelumnya, saya dan teman-teman seangkatan saya yang biasanya mengatur setiap komoditas selama acara. Dan kabar dari adik kelas yang masih di pesantren, acara mendatang akan diadakan kembali di akhir tahun besok, semoga saja terwujud. Lepas dari semua itu, diluar pesantren, kami masih sering berdiskusi tentang stand up, mengadakan space, atau diskusi mendengarkan di twitter, atau sekedar kumpul bareng para komika. Dan kami disatukan oleh akun instagram,  instagram.com/supcrepofficial .

 

Selain musik, menulis, dan stand up, kesukaan saya yang lain masih banyak. Saya suka edit-edit foto, video. Saya juga suka film, game, dan masih banyak lagi. Namun, bidang lain tadi belum saya gunakan dalam konteks “Hidup jangan hanya menjadi penikmat, tetapi juga pembuat”. Saya masih hanya menjadi penikmat untuk bidang-bidang lain itu. Karya-karya yang “hanya” saya nikmati juga saya ambil dari para influencer yang memang sejalur dengan saya, misalnya Raditya Dika, yang suka nulis, film, dan seorang komika. Fiersa Besari, suka nulis lagu, dan nulis novel. Atau Dzawin Nur, seorang komika, suka bikin lagu gokil, dan dia dari pesantren!

Dari akun-akun diatas, hanya dua akun yang masih saya update tiap hari,  instagram.com/covermusikustik  dan  twitter.com/quoteskacretz . Karena saya sudah lama tidak menulis, dan membuat lagu. Namun, hobi itu tidak akan pernah punah. Esok pasti saya akan kembali menekuni hobi tersebut. Namanya juga hobi, uda suka, uda cinta, mau lari kemana pun nanti bakalan kembali.

Ini adalah kisah saya. Bukan lebih ke kisah sih, tapi lebih ke, alasan kenapa saya belum nikah. Ha ha. Yang pertama, yang jelas, karena saya masih mengabdi di pesantren. Entah berapa tahun lagi pengabdian saya ini, karena saya tidak ambil tempo waktu dalam pengabdian ini. Tapi, terlepas dari itu, masih banyak alasan-alasan lagi kenapa saya belum menikah. Ada salah satu lagunya Dzawin Nur yang cukup mewakili alasan ini.

Judulnya Pak Seo. Coba dengerin aja, hehe,  https://www.youtube.com/watch?v=HK8kBDl5Gbk


 28 September 2021