Tiada Setia Yang Sesaat Part 3


PART 3

Malam telah tiba. Seperti kesepakatan tempo hari, Abdul akan begadang lagi di Pojok Pesantren, dan dia setelah kegiatan di pesantren, dia langsung bergegas menuju ke Pojok Pesantren. Tempat yang akan dijadikan renungan menunggu hari kelulusan.

Dan ternyata, sampai di Pojok Pesantren. Doni sudah menunggu disana. Dengan wajah manyunnya, dan kepala yang lusuh tersangga oleh tangan kirinya.
"Heh bro?! cepet amat lo uda sampe sini aja. Ngga ngaji ya lo?" Abdul mengagetkan Doni.
"Kampret lo! kalo ngga ngagetin gue bisa ngga sih?" cetus Doni "nggak! gue lagi males"
"Males ato manyun? liat wajah lo, jelek amat tuh!" celoteh Abdul "Etss... ouhh.. ohh.. ohh.. gue tahu! pasti nih gara-gara Aula yak? hahaha lo gagal move on lagi yak? ahaha" Lagi-lagi Abdul belagak sok tahu.
"Lo emang kampret yaa! baru dateng uda bikin emosi" Doni menghardik "ini bukan gara-gara Aula, tapi gara-gara lo!"
"hah? kok gue?! salah apa gue? kita aja baru aja ketemu disini" Abdul mencoba membela diri.
"Iyaa. Terakhir kita ketemu kemaren malam kan? disini juga kan? Nahh salah lo pas kita terakhir ketemu. Ya disini" Doni menyalahkan Abdul. Abdul kebingungan.
"Gara-gara ide konyol dari lo, begadang sampai pagi itu, inget kan lo? Iya! emang bener! hari terasa lebih cepat berlalu. Iya! itu bener! tapi gue harus nrima semprot dari guru killer gue di kelas. Belum lagi Aula juga ikutan ngetawain gue, karna gue dikatain kebo, tukang tidur di kelas"

"Ahh?! hahahahahahahaahaaa" tawa Abdul sangat mengejek.
"Ehhh.... kampret kuadrat ya lo! uda tahu liat temen lagi manyun, gara-gara lo lagi! sekarang lo malah ngetawain gue. Bangsat lo!" Doni mulai kesal beneran.
"Hehehe ngga ngga, Don. Sorry sorry gue keceplosan. Lucu sih cerita lo" Abdul menenangkan "Gini ya Don. Ini sekarang uda malem, itu kejadiannya tadi pagi kan? dan pertanyaan gue. Kenapa lo masih manyun? Pasti ada yang lo pikirin" Abdul mulai serius bertanya "lo kepikiran Aula ya?"
"Ngga ngga, Dul" Emosi Doni mulai meredam "Gini ya, Dul. Gue uda males bahas Aula... Nih yaa, kalo gue ngomongin Aula mulu. Ntar gue baper, trus bisa-bisa gue gagal move on lagi. OK? You know... jadi please... lupaen manyun gue"
"hahaha iya iya gue paham"
"Sekarang giliran lo. pasti lo ada masalah kan sama Maya? hahaha gantian sekarang gue ketawain lo"
"hah? masalah?!" Abdul nyengir "Liat wajah gue, Don! hepi-hepi aja kan?! lo liat sedikit kesedihan diwajah gue?" Abdul menirukan gaya bicara Doni pas malam minggu kemaren "hahahahahaa" Abdul terkekeh. Gantian Doni yang nyengir.
"Jadi nggak ada cerita nih malem ini dari lo?" Doni pasrah.
"Yaa. ada sih, tapi ngga tragis kayak lo juga hehehe"
"kampret! yauda sekarang lo yang cerita. Gue dengerin nih"

Akhirnya Abdul menceritakan semua kejadian tadi siang pada Doni. Tentang masalah Maya sama Alex, tentang kekecewaan Maya sama Abdul, tentang Abdul saat membantu masalah Maya dan Alex, dan tentang terharunya Maya karna kata-kata dari Abdul. Semuanya diceritakan dengan jelas dan kronologis, persis seperti kejadian aslinya. Doni hanya mengangguk-angguk, mendengarkan dengan seksama.

            “Jadi... Lo mbantuin masalahnya Maya sama Alex? Emang lo ngga ngrasa sakit?” Doni mulai angkat bicara. Setelah Abdul menceritakan semuanya.
            “Yaa sakit juga sih hati gue. Kesel sama Alex juga. Tapi kan gue akhirnya njelasin alasan gue mbantuin Maya. Dan dia juga terharu kan dengan kata-kata gue. Jadi gue berhasil ngluluhin hati Maya,” Abdul nyeloteh lagi.
            Doni terdiam.
            Tampaknya Doni sedang berfikir. Abdul menunggu tanggapannya, mengeluarkan korek dan satu bungkus rokok Signature. Dia mengambil satu putung rokok lalu menyalakannya.
“Nih ngrokok dulu Don!” sambil melempar bungkus Signature itu ke arah Doni, “mikirin apa sih lo? Serius amat!”
Doni tersentak. Ternyata wajahnya kelihatan banget kalo lagi mikir.
“Engg.. Ngga mikirin apa-apa sih.. Gue cuman khawatir aja sama lo, Dul,” Doni mulai berterus terang.
“Ha? Lo khawatir sama gue? Gue hepi-hepi aja brayy. Please deh,” Abdul blum tahu apa yang ingin Doni bicarakan.
“Heh bocah?! Dengerin gue!  Crewet banget sih lo.”
Doni selalu begitu. Emosinya melonjak kalo omongannya dipotong gitu aja. Apalagi dipotong sama bocah yang lebih muda darinya, dia slalu ngga terima.
“iya iyaa kakak Doni. Maaf maaf,” Abdul memelas.
“Gue lebih tua dari lo ya,Dul. Yang pertama. Lo jangan nyolot kalo yang lebih tua lagi bicara. Paham?” Doni menghardik. Abdul hanya mengangguk.
“Yang kedua. Ini tentang lo! Sekali lagi gue lebih tua dari lo, jadi gue ounya lebih banyak pengalaman cinta. Dan gue. Gue uda pernah ngrasain kondisi yang sama seperti lo sama Maya sekarang.”
Seketika Doni terdiam. Mungkin dia jadi teringat sama mantan yang dia bandingkan dengan Maya.
Hening.
Setelah suasana sunyi agak lama, Abdul angkat bicara, “Don? Maksudnya sama gimana? Kan wajar-wajar aja hubungan kayak gue dan Maya gini, kenal, PDKT, nembak, lalu jadian. Gue sampe sekarang ini baru lagi PDKT aja. Besok dihari kelulusan. Pasti gue nembak Maya,” Abdul sangat yakin mengatakan itu. “Pokoknya. Kalo uda putus sama Alex, Maya jadi pacar gue!” tambah Abdul mantap.
“Bukan ... Bukan itu Abduuul, temen gue yang paling bego!” Doni mencoba mengontrol emosinya.
“Setia! ... Itu yang pengen gue omongin sama lo. Kesetiaan lo sama Maya”
Abdul tersentak. Mungkin dia juga tersindir, “Setia? ... Menurut lo, gue kurang setia gitu sama Maya?” Abdul tak terima.
“Gue mati-matian perjuangin dia. Gue setia banget sama Maya, Don!”
Abdul terbawa perasaan. Emosinya juga menaik.
“Iya... Gue tau lo setia. Setia banget sama Maya. Dan setia lo uda sampe tahap ‘berlebihan’. Sadar ngga lo?”
“lo ngga sadar kan kalo itu juga salah?! Lo yakin aja kan dengan perasaan lo?” Doni bertanya ngotot. Abdul tak paham sama sekali. Dia hanya menggeleng.
“Setia itu emang harus ada dalam sebuah hubungan. Tapi yang gue tekanin dari kata ‘harus’, itu dalam hubungan yang ada ikatannya. Dan yang gue tekanin lagi dari kata ‘ikatan’, itu adalah hubungan pernikahan. Lo paham?” Doni berceramah panjang.
Abdul hanya menggeleng.
“Dasar bocah! Yauda lo dengerin dulu aja” Doni menepuk jidat Abdul.
“Intinya... Setia harus ada dalam ikatan pernikahan. Itu kesimpulannya.”
“Jadi kalo gue blum nikah, trus gue setia. Itu salah?” Abdul menyeringai.
“Ya nggak juga. Tapi salahnya kalo berlebihan seperti lo!” Doni balik menyeringai.
Abdul hanya terdiam.
“Sekarang gue khawatir sama lo, Dul. Sebagai temen curhat, gue paham dengan keadaan perasaan lo sekarang. Karna perasaan lo sekarang itu, sama dengan masa lalu gue”
“Sama Aura??”
“Gausah disebutin namanya juga kalik!”
“hahahaha. Iya deh iya. Keceplosan.”
Aura adalah mantan pertama Doni. Cukup lama Doni menjalin hubungan dengan Aura. Sampai-sampai Doni berpikir bakalan nikah dengan Aura. Karena begitu dekatnya hubungan mereka. Dan saat itu, Doni sangat setia sama Aura. Yang berarti ‘selalu mencintainya’.
“Lah trus gimana ceritanya? Apa yang sama dengan gue dan Maya?” tanya Abdul.
“Gini, Dul. Gue pernah setia sama Aura. Bahkan setia gue ke Aura, lebih dari lo.”
“Katanya gausah disebutin namanaya? Hahaha.” Abdul terbahak.
“Kampret! Iya iya gue keceplosan juga. Crewet lo ah.” Doni nyengir.
“Hahaha... ya yaa terus terus?”
“Bahkan gue dulu sampai bela-belain ini, itu. Pokoknya gue perjuangin semuanya. Cuman biar dia bahagia. Gue uda nggak mikirin cewek lain. Yang kalo dalam hubungan sewajarnya, setia itu berarti ngga selingkuh. Tapi gue mengartikan. Setia itu adalah ‘selalu mencintainya’. Jadi gue lakuin semua yang dia mau, karna gue selalu cinta dia.”
“Uhh so sweet,” Abdul memotong curhatan Doni.
“Nggak... nggak, Dul. Lo blum tahu ujungnya.”
“Ehh.. iya iya trus?.”
“Semua emang indah pada awalnya. Tapi setelah sekian lama hubungan kita berjalan, saat yang gue ngga nyangka itu pun terjadi. Dia selingkuh.”
“Ha?!” Abdul tersedak kopi yang baru saja diserutupnya.
“Dia berubah dengan seketika. Waktu itu satu hari gue ngga ketemu dia. Satu hari gue ngga ada kabar. Satu hari gue ngga bisa nunjukin rasa cinta gue ke dia. Dan setelah satu hari itu, seketika Aura ngga mencintai gue lagi.”
“Secepat itu, rasa Aura berubah sama lo?” Abdul mencoba menanggapi.
“Yaa. Gue ngga tahu juga ya perasaan dia seperti apa. Dia mutusin gue.alasannya sih bilang bosen, capek, pengen konsen sama belajar, pengen nyenengin orang tua dan blabalaba ...”
“Gue ngga peduliin semua alasan itu, Dul. Karna satu hari setelah gue putus sama Aura, gue uda dapet kabar kalo dia punya pacar baru.”
“What?? What the F*?!”
“Jadi gue cuman nyimpulin kalo Aura selingkuh. Karna pacar barunya itu, uda kenal sama Aura sebelum gue pacaran sama Aura. Dan saat itu gue uda ngga bisa mikir positif lagi.”
“Uhh sakit banget ya, Don. Gue ngga bisa bayangin rasanya seperti apa,” Abdul terharu. “Nih minum dulu,” Abdul memberikan cangkir kopiya kepada Doni.
“Sakittt, Dul!” tangan Doni menepuk dadanya sendiri, “seharian gue ngga keluar rumah, seharian gue menyendiri dikamar. Gue kunci kamar gue, seharian gue ngga makan, Merenung, cuman nglihatin Handphone yang ngga ada apa-apanya. Cuman ngarepin Aura sms gue, bilang maaf, atau nanyain keadaan gue. Tapi tetep aja ngga ada apa-apa. Dia sudah berubah sangat parah. Dia uda ngga mencintai gue.”
“Sabar, Don... Sabar yaa,” Abdul merangkul Doni, berusaha menenagkannya.
“Nggak, Dul. Gue uda lama move on dari Aura.”
“Setelah gagal move on beberapa kali.”
“Hahaha,” Doni ketawa.
Abdul ikut tertawa, “hahaha. Gue inget lo pernah curhat tentang usaha move on lo yang gagal mulu sama Aura.”
“Hahaha,” mereka tertawa bersama.

“Tapi, Dul,” Doni menghetikan tawanya, “ada yang perlu lo ketahui dari gue. Liat wajah gue!”
Abdul menoleh. Doni menatap tajam-tajam wajah Abdul.
“Setelah gue berhasil move on dari Aura. Gue berjanji. Gue ngga bakalan sakit hati lagi!”
“Ha? Beneran? Trus kalo lo digituin lagi sama cewek lain gimana?”
“Yaudah! Gue tinggal move! Ngga pake galau.“
“Seperti saat kemaren lo abis putus sama Aula gitu?”
“Yupp. Lo tahu kan? Gue ngga galau waktu itu.”
“Ajib. Keren lo!”
“Nah. Gini, Dul,” Doni merangkul Abdul, “dari penggalan cerita gue tadi, lo bisa nyimpulin nggak, apa yang sama dari hubungan gue sama Aura dan hubungan lo sama Maya?” nada tanya Doni sangat lembut, seperti seorang Bapak bertanya pada anaknya.
Abdul menoleh lagi kearah Doni. Lambat.
“Emm.. Beelumm.. hee” Abdul meringis.
“Kampret lo!” Doni menepuk jidat Abdul, “bego banget sih lo jadi anak!” Doni mendadak emosi.
“Ini semua tentang kesetiaan! Jadi lo harus jaga-jaga kalo lo nantinya ngalamin rasa yang sama kayak gue dulu.”
“Jadi .. lo takut kalo nanti gue jadian sama Maya, trus Maya putusin gue gitu?”
“Bukan kayak gitu juga, bego!!”
Abdul belum paham juga.
“Yang gue takutin bukan Maya yang kenapa-napa. Tapi lo!”
“Gue?”
“Lo sadar nggak dengan kadar kesetiann lo ke Maya?”
Abdul hanya menggeleng.
“Lo blum jadian sama Maya aja uda setia setengah mati gitu sama dia. Gimana kalo nanti jadian? Lo bakalan slalu mencintai Maya setiap hari setiap waktu kan?”
“Yaiyaaalaah” Abdul menyeringai.
“Dan saat lo uda begitu mencintai Maya. Trus lo sadar, ternyata Maya ngga mencintai lo seperti lo mencintai dia. Gimana perasaan lo?”
Abdul terdiam.­­­­
“Atau tiba-tiba Maya bosen sama lo, trus pengen putus sama lo. Gimana perasaan lo?” Doni naik emosinya
Abdul tertunduk. Layu.
“Cinta ngga ada yang ngga kadaluwarsa, Dul. Inget itu! Dan dalam hubungan, pasti ada suka, pasti ada duka. Pasti ada seneng, pasti ada bosen. Makanya gue tekanin sama lo. Setia itu emang harus ada, tapi hanya dalam ikatan pernikahan.”
“Lo tahu kenapa gue bisa cepet move on sama Aula? Itu karna selama gue pacaran sama Aula, gue membatasi level kesetiaan gue, sedang-sedang aja. Nahh elo? Belum jadian aja uda nentuin kadar setia lo di level high. Ati ati, Dul. Lo berlebihan.”
“Semakin erat kita menggenggam sesuatu. Semakin sakit rasanya ketika kita melepaskannya.” Doni mengakhiri ceramahnya.
Abdul terdiam lama. Mungkin dia mulai menyadari dan mulai memikirkannya, “Emm... lo ada benernya juga sih, Don.”
Doni tak bicara lagi. Kini ia menyalakan rokok yang Abdul berikan tadi.
Hening.
Sepuluh menit lamanya. Suasana masih terasa sunyi. Abdul masih terdiam. Perkataan Doni tadi masih membayangi pikirannya. Sedangkan Doni, ia masih menikmati hisapan rokok Signature yang kini tinggal setengah batang.
“Iya, Don. Gue paham sama omongan lo. Gue bakalan mikirin semua itu,” Abdul akhirnya menyimpulkan. Tanpa merespons perkataan Doni.