Tiada Setia Yang Sesaat Part 5

PART 5
Matahari sebentar lagi terbenam. Tanda hari akan berganti malam. Senja itu pukul 18:00 Wis. Santri-santri Pondok Pesantren Putra sedang sibuk dengan akivitas masing-masing. Ada yang lagi berbuka puasa, ada yang masih mandi , ada juga yang belum mandi. Tapi sebagian besar santri sedang mempersiapkan diri menuju ke Musholla untuk menunaikan Sholat maghrib berjamaah dan mujahadah malam.
Tak sengaja Doni ketemu Abdul di kolam wudhu, “heh, Dul! Kemana aja lo seharian ngga nongol? Perasaan gue daritadi ngga liat lo?” Doni menepuk bahu Abdul yang sedang berwudhu.
“Bentar,” Abdul membasuh kaki kirinya, lalu berdiri disebelah Doni. Wajahnya terlihat merah kehitaman. Seperti seharian terkena sinar matahari, “iya.,,, gue baru pulang. Seharian sama Maya mulu. Entar gue ceritain semuanya.”
“Oh. Oh. Pantesan gak nongol seharian. Ya.,,, ya...” kata Doni.
“Eh, Don. Ntar abis mujahadah langsung ke Pojok Pesantren ya. Gue lagi butuh banget saran dari lo nih.”
“Ha? Gue kan ngaji, Dul!”
“halaah lo udah biasa mbolos juga kan?”
“haha kampret lo! Yaudah ntar gampang deh”
“Yupp. Thanks. Bye.”
Abdul meninggalkan Doni yang kini baru aja mau mengambil air wudhu.

Pukul 8 lebih mujahadah berakhir. Dilanjutkan sholat isya’ berjamaah. Abdul langsung bergegas membeli kopi, rokok, lilin, dan berbagai aneka makanan ringan. Tumben-tumben juga dia sekarang yang modal. Biasanya cuman kopi aja. Itu aja yang beli Doni.
Sedangkan Doni masih dikamar. Dia baru aja bilang sama teman seruang ngajinya kalo mau bolos ngaji. Lalu Doni pergi ke Pojok Pesantren. Disana sudah ada Abdul yang menanti dia dengan berbagai hidangan yang ia siapkan.
“lo buat kopi lah, Don!” Abdul menyambut Doni dengan melempar 4 bungkus kopi Kapal Api ke arah Doni yang baru saja sampai ke Pojok Pesantren.
“Busyett. Baru sekali modal aja seongong amat lo. Pake nyuruh-nyuruh gue gini.”
“Hahaha,” tawa Abdul mengejek.
“Jadi ada apa lo ngajak kesini jam-jam segini? Kayak penting amat,” Doni membuka obrolan sambil menuangkan air panas kecangkir mungilnya.
“Maya uda putus sama Alex,” jawab singkat Abdul sambil memakan kue yang ia beli sendiri.
“Haa? Kapan?” Doni agak kaget. Untung kopinya nggak tumpah
“Tadi pagi,” jawab singkat Abdul sambil terus mengunyah kuenya.
“Kok bisa? Gimana ceritanya?,” kali ini Doni menyalakan rokok Signature yang dibeli Abdul.
Abdul membenarkan posisi duduknya menghadap ke Doni. Dia sudah tak lagi mengunyah. Dan bersiap untuk bercerita.
“Gima pertanyaan lo? Kok bisa? Ya bisa bangetlah. Harus bisa dong. Uda lama gue tebak juga, pasri putus,” Abdul nyengir.
“Lah gimana ceritanya?” tanya Doni lagi.
“Tadi malem. Pas gue mau tidur. Abis gue begadang sama lo. Kira-kira jam 3 lebih. Maya telfon gue, sambil nangis-nangis. Trus dia cerita panjang lebar gitu.”
“Maya cerita apa?” Doni masih menyelidiki.
“Yaa. Lo pasti uda tau lah. Maya uda lama ngga betah sama Alex. Berkali-kali juga kan mereka brantem mulu. Jadi wajar-wajar aja kalo putus! Simple kan?”
“Oh. Oh. Gitu?” Doni mengelus jenggotnya. Abdul menyerutup kopi yang dibuat Doni.
“Lah trus? Pas Maya telfon nangis-nangis gitu. Sikap lo gimana?”
“Yaa. Awalnya sih gue belagak ikutan terharu gitu. Nenangin hati Maya. Tapi itu pas ditelfon doang. Kan dia lagi nangis. Gaenak juga kan kalo gue malah sorak-sorak sambil jungkir balik gitu. Tapi sesi galau-galauannya cuman bentar aja. Karna esoknya, sikelas, gue uda deketin terus tuh Maya. Pulang sekolah dia ngajak gue jalan. Kita jalan-jalan kemana aja. Seharian sama Maya terus. Makanya gue tadi pulang sekolah kesorean. Hehe,” Abdul sumringah sekali.
“Trus Alex? Emangnya dia ngga curiga? Ngga nyangka kalo lo yang buat Maya putusin dia?”
“Nggaklah. Gue juga uda ketemu Alex bentar. Basa-basi nanyain kenapa putus. Tapi intinya gue sama Alex ngga ada perselisihan. Lagian kalo dia mau ngapa-ngapain, gue juga ngga takut.”
“Wah. Berarti ini kesempatan dong,buat lo deketin Maya.”
“Yupp,” Abdul mengacungkan jempolnya kearah Doni, “makanya ini selebrasi dari gue,” tangan Abdul melebar. Seolah sedang mempersembahkan hidangan yang ada didepannya untuk Doni.
“Alaah kampret lo. Baru sekali ini juga huu,” Doni menyeringai, “eh tapi kenpa lo nggak sekalian aja nembak Maya? Kan dia lagi vacum juga,” Doni bertanya datar. Tapi pertanyaan itu membuat Abdul terdiam.
Sunyi.
“Emm,” Abdul berpikir sejenak.
“Yaa. Lo kan tau. Gue uda lama nembak Maya. Bahkan sebelum Maya putus sama Alex.”
“Emm,” Abdul berpikir lagi.
“Gue takut aja, Don. Kalo nanti gue jadian sama Maya, trus Alex nyangka gue yang nggak-nggak,” Abdul ketus. Dia agak bengong dengan perkataannya.
“Lah. Tadi katanya ngga takut? Gimana sih?” Doni nyengir.
“Yaa kan itu gue belum jadian sama Maya, ah gataulah, Don. Yang penting tadi, pas gue jalan sama Maya, gue uda ngomong sesuatu sama dia,” Abdul mendadak heboh.
“Haa? Ngomong gimana?” Doni agak shock.
“Yaa. Yang itu. Yang pernah gue tanyain ke Maya. Tentang kejlasan dari hubungan gue sam Maya.”
“Ajib. Pinter lo!” Doni menepuk punggung Abdul, “nah. Trus jawabannya?”
Abdul terdiam sejenak.
“Yaa.,,, sama...” Abdul mulai manyun, “dia masih nyuruh gue nunggu sampe akhir kelulusan.”
“Hadehh...” Doni menepuk jidatnya. Doni seperti sedang menonton pertandingan El-Clasico saat Cristiano Ronaldo sedang menggiring bola, memasuki daerah pertahanan Barcelona, lalu dengan kaki lincahnya dia melesatkan tendangan,,, dan,,, ahaayy.,,, bola meleset jauh dari gawang Barcelona. Sayang sekali pemirsa.
Sekarang Abdul tak sumringah lagi. Dan dia mulai menunjukkan ekspresi manyunnya, “makanya, Don. Gue minta lo cepet-cepet kesini itu karna ini. Gue ngga tahu harus gimana nunjukin sikap gue ke Maya sekarang. Gue harus seneng, atau pura-pura terharu. Kan dia baru putus juga,” Abdul bicara dengan nada datar.
Doni membalas singkat, “lah tadi siang gimana?”
“Yaa. Maya gue ajak bercanda mulu. Biar dia lupa sama masalahnya.”
“Yaudah. Itu sikap yang harus lo lakuin,” tangkas Doni.
Doni menjawab cuek. Tapi dia terlihat sedang berpikir, menanggapi masalah Abdul.
“Bukan itu yang harus lo pikirin, Dul,” Doni mulai mengeluarkan argumen.
“Ha? Trus apa? Gimana?” Abdul tak paham.
“Enghh. Nggak-nggak. Gue kok curiga aja gitu sama Maya.”
“Curiga gimana, Don?”
“Yaa. Kenapa coba dia masih nyuruh lo nunggu. Padahal dia uda putus sama Alex. Yang gue kira dari kemaren-kemaren, ntar putusnya sama Alex itu pas Akhir kelulusan. Dan Maya bakalan nrima lo. Tapi sekarang mereka uda putus kok Maya masih nggantungin lo.”
“Ada yang aneh dari Maya,” Doni menyimpulkan.
Abdul menyeringai, “Maya ngga aneh, Dul!” Abdul menghardik. Emosi.
“Bukan orangnya begoo! Tapi sikapnyaa,” Doni menepuk jidat Abdul.
“Uhh. Ya aneh gimana maksud lo?”
“Yaa. Kenapa dia ngga nrima lo sekarang gitu.”
“Dia nyuruh gue nunggu, Don. Bukannya nggamau nrima gue,” Abdul masih tak paham.
“Iya gue tahu. Tapi gue curiga aja, pasti ada apa-apa.”
Doni berpikir sejenak.
Hening.
“Sekarang gue mau nanya. Gimana perasaan lo sama Maya sekarang?”
“Yaa. Yang pasti tambah cinta lah. Apalagi dia uda jomblo,gak ada Alex. Gue akan habisin waktu terakhir gue disekolah bersamanya. Pokoknya biar dia tambah suka juga sama gue,” Abdul menjelaskan mantap.
Doni meluruskan jenggotnya.
“Dul. Hati-hati. Jangan berlebihan. Paham? Gue khawatir ntar lo  kenapa-napa.”
“Gue ngga bisa nahan, Don! Tiap waktu gue pengen beri yang terbaik buat Maya. Tenang aja deh. Gue yakin banget di hari akhir kelulusan nanti dia bakalan nrima gue,” Abdul bersikeras dengan perasaannya.
“Yaudah kalo itu keyakinan lo. Terserah lo. Yang penting gue uda ngingetin. Jangan berlebihan!”
Doni membuang putung rokoknya. Lalu pergi meninggalkan Abdul.
“Don! Ini makanannya blum abis nih!”
“Gue uda kenyang!” jawab Abdul sambil mengangkat tangannya, menunjukkan tanda ‘say bye’ kepada Abdul.
“Anjrit emang tuh anak!” batin Abdul.
Abdul menahan kesal. Dia berpikir, apa yang salah dengannya. Wajar-wajar aja, orang lagi kasmaran, lagi PDKT, nunjukkin rasa cinta yang berlebihan. Kenapa Doni kayak nggak suka dengan sikapnya ke Maya, “ahh.,,, whatever...” pikir Abdul acuh.
Dan sampai larut malam. Abdul hanya menghabiskan makanannya, sendirian. Makanan yang ia beli sendiri. Tanpa teman. Sendirian, sambil tersenyum sendiri, membayangkan moment-moment yang ia ciptakan tadi siang bersama Maya.