Tiada Setia Yang Sesaat Part 7


PART 7

Malam ini menunjukkan pukul 10 malam. Suasana di Pojok Pesantren masih sunyi karena hanya ada Doni yang sedang tiduran di tempat yang terbentuk seperti pos jaga itu, sambal menabuh-nabuh pelan dinding yang terbuat dari bambu dipinggirnya, dia menyanyikan lagunya Maudy Ayunda yang berjudul This Moment.

“I’m looking for you… Anytime… I see the sun.. Sunny in the sky… “

“Woy… nglamun mulu!” Abdul memotong bagian reff nyanyian Doni.

“Ah lo! hoby banget sih ngagetin gue.”

“Hahaha maaf maaf.”

“Jam segini baru datang lo.”


“Hahaha maaf maaf.”


“Maaf maaf mulu. Nggak ada kata lain selain maaf?”


“Hahaha maaf. Santai bro.”


“Kampret lo!” Doni bangkit dari tidurnya, lalu duduk dan membuang putung rokok Signature ditangannya yang hampir habis.


Abdul mengambil posisi duduk disebelah Doni.


“Malam ini cuman kopi nih?”Abdul melirik kearah gelas mungil berisi setengah gelas kopi Kapal Api.


“Kampret lo! Datang ngga bawa apa-apa. Protes lagi. Tanggal tua nih. Duit gue habis. Lo ngga inget siapa yang ngabisin. Inget nggak? Berapa utang lo sama gue? Pakai gaya kemaren ngasih selebrasi ke gue. Pamer seharian jalan sama Maya. Itu semua pake uang gue kan? Huu,” Doni nyolot.


“Hahahaha. Maaf maaf. Lo tau gue kan, Don. Kakak Doni.”


“Sekali lagi bilang maaf gue gampar lo!”


“Eits. Santai bro. kok jadi emosi beneran sih bang.”


“Ya lo sih bikin emosi.”


“Yaelah. Kan gue uda bilang maaf.”


“Whoooo,” tangan Doni sudah naik, bersiap untuk menampar, “lo balikin duit gue, baru gue maafin.”


Doni sukses bikin Abdul balik emosi.


“Eitss. Bentar-bentar. Nih ada rokok. LuMayan isinya masih banyak.”


“Nahh. Itu baru namanya temen,” tangan Doni yang sudah naik reflek langsung merangkul Abdul. Dan dengan seketika, Abdul tahu kalo Doni lagi ngerjain Abdul.


“Anjrit lo!”


“Kampret lo!”




“Hahahaha.”


Mereka tertawa bersama.






“Ah lo bener-bener merusak face gue, Don.”


“Lah kenapa?”


“Ya lo tahu sendiri kan, face wajah gue pas gue datang?”


“Yaenggaklah. Kan gue tadi tiduran,” jawab Doni cuek.


“Tadi wajah gue tuh ya, happy-happy aja. Nggak ada sedikitpun kesedihan di wajah gue,” lagi-lagi Abdul menirukan gaya Doni tempo hari, “terus sampe sini lo nyambut gue dengan emosi amatiran lo tadi. Anjrit lo emang!”


“Hahaha. Maaf maaf. Sekarang giliran gue yang minta maaf,” Doni tertawa puas bahagia, “lah emang lo happy karna apa? Pasti karna Maya lagi.”


“Hohoho,” wajah Abdul kembali sumringah, “iya dong kakak.”


“Emang ngapaen aja seharian sama Maya?” Doni membuka pertanyaan.


“Nah. Itu pertanyaan yang gue tunggu. Gue kesini mau curhat sama lo,”Abdul mendadak heboh.


“Oh. Yauda cerita aja,” Doni menyalakan rokok Signaturenya.






Dan akhirnya Abdul menceritakan semua kejadian tadi siang sama Maya. Mulai dari bercanda di halte, dihukum pak satpam, diejekin dikelas, sampai moment indah berdua ditaman sekolah. Semua diceritakan oleh Abdul, “Uhh so sweet banget, Don pas ditaman, ahaay,” Abdul tersenyum-senyum. Matanya melirik keatas seolah dia sedang terbang melayang ke langit sama Maya.


“Ah basi!” Doni memotong cerita Abdul. Dan Abdul terjatuh dari langit.


“Whuu,”Abdul nyengir, “kok basi sih, Don? Ah lo ngga pernah ndukung gue sih?” Abdul menyerobot bungkus Signature disebelah Doni dan menyalakan satu batang rokok. Sedangkan Doni menyerutup kopinya yang masih tersisa setengah.


“Gue bukannya ngga dukung lo. Kalo lo seneng, gue juga ikutan seneng. Gue cuman khawatir sama lo. Gue kan uda bilang sama lo, jangan berlebihan menanggapi Maya. Maya tuh belum jadi pacar lo. Lo harus hati-hati,” Doni menasihati, dengan membandingkan keadaan Abdul dengan keadaan Doni yang dulu waktu sama Aura, mantan pacar pertamanya. Bahkan sampai saat status pacaran sudah ada, Doni masih menganggap setia itu bullshit. Sedangkan Abdul belum jadian sama Maya, tapi sikapnya selalu ingin mencintai Maya. Doni hanya khawatir kalau Abdul merasakan sakit yang sama, saat Aura menyakitinya.


“Please deh, Don. Wajar kan kalo PDKT kayak gue gini. Gue cuman nunjukkin rasa cinta gue ke Maya, nunjukkin kalo gue peduli sama dia, perhatian sama dia,” Abdul emosi.


“Tapi lo tahu ngga? Perasaan Maya ke lo?” Doni memotong celoteh Abdul dan Abdul tersentak lalu linglung.


“Maya cinta kok, sama gue,” nada bicara Abdul berubah datar, bahkan menurun 3 oktaf.


“Lo yakin nggak?”


Abdul hanya diam.


“Pernah ngga Maya serius ngomongin perasaan dia ke elo?”


Abdul masih terdiam.


“Pernah ngga lo cari tahu perasaan Maya gimana?”


Abdul hanya menggeleng.


“Nah. Itu salah lo! Sadar lo sekarang?” Doni mulai emosi.


Abdul memelas.






“Lo harus tahu, Dul! Lo harus tahu kenapa sikap Maya seperti itu sama lo.”


Abdul tetap diam.


“Lo harus tahu gimana respons Maya dari semua yang lo lakuin.”


Abdul kebingungan.


“Lo inget nggak? Waktu pertama kali lo kenal Maya, lo jatuh cinta pada pandangan pertama. Dan lo nggak tahu, kalo Maya ternyata uda punya pacar, Alex, temen deket lo sendiri. Dan lo nggak peduliin itu semua kan? Lo tetap aja ngejar-ngejar Maya. Masih aja lo ingin mencintai Maya.”


“Tapi ada yang harus lo tahu, Dul! Kalo Maya uda punya pacar, kenapa dia masih ngasih harapan ke elo! Lo harus tahu itu. Kalo emang rasa cinta Maya ke elo lebih besar daripada rasa cinta Maya ke Alex. Kenapa dari dulu dia nggak mutusin Alex, trus milih sama lo.”


“Lo uda 5 bulan kenal sama Maya. Dan 5 bulan lo ngejar-ngejar cintanya. Ingat itu! 5 bulan lo setia sama dia, 5 bulan lo ‘selalu mencintai Maya’ lo seharusnya tahu, alasan kenapa Maya nglakuin itu semua ke lo.”


“Dan sampai sekarang, lo nggak pernah tahu itu semua kan?!”


Kali ini Doni benar-benar merusak face Abdul dari awal dia datang ke Pojok Pesantren. Bagaikan dihujani tembakan peluru Machine Guns berkali-kali ke dadanya. Abdul hanya tertunduk, sangat layu. Sedangkan Doni menyalakan rokok dari Abdul dan membiarkan Abdul sejenak untuk berpikir lebih dewasa.


Tak lama kemudian, Abdul mengangkat dagunya yang tertunduk layu dan siap menjawab semua pertanyaan dan pernyataan dari Doni. Dengan wajah yang sudah tertata sempurna, menahan emosi, Abdul mulai angkat bicara.


“Nggak, Don! Nggak,”Abdul langsung naik emosi.


“Gue yakin! Maya nggak akan kecewain gue!” Abdul berkata sangat mantap, dengan menunjukan satu jari telunjuknya ke dadanya.


“Gue emang nggak tau perasaan Maya ke gue seperti apa, gue emang nggak tau kenapa dia nyuruh gue nunggu sampe sekarang, gue emang nggak tau tentang sikap Maya yang lo anggap aneh itu.”


“Dari awal gue kenal Maya, sampe sekarang gue emang nggak tau semua itu, Don!”Abdul menarik nafas.


“Tapi ada yang gue tau, Don! Gue udah lama ndeketin Maya dan dan gue yakin. Maya nggak mungkin ngecewain gue.”


“Don! Gue pengen lupain semua masalah gue, gue emang dari dulu ngejar-ngejar Maya, dari pertama gue kenal Maya, bahkan saat gue tau Maya udah punya pacar, gue masih tetep ngejar-ngejar dia. Gue masih nunggu Maya putus sama pacarnya. Dan itu emang masa-masa pahit buat gue, Don!


“Tapi lo harus lihat keadaan sekarang, Don. Maya udah putus sama Alex! Dan tiap hari Maya yang ngajakin gue jalan bareng. Dia seolah selalu ingin nunjukin ke gue, kalau yang dia inginkan adalah, gue selalu ada dalam hari-hari terakhirnya sebelum kelulusan. Gue sadar itu semua, Don! Dan gue yakin, Maya cinta sama gue! Maya nggak mungkin ngecewain gue!”


Emosi Abdul memuncak. Dan seketika itu Abdul langsung pergi meninggalkan Doni di Pojok Pesantren. Abdul melangkah dengan wajah penuh amarah dan tekat yang semakin kuat untuk memperjuangkan cintanya.


Sementara itu, Doni masih tetap di Pojok Pesantren, menatap langkah Abdul yang semakin menjauh meninggalkanya, “kasihan tuh anak.. hadeh..”


Doni menggelengkan kepalanya dan menenggak habis kopinya.


“Kalo aja dia pernah ngrasain apa yang pernah gue rasain, pasti dia nggak akan seperti itu sama Maya,” Doni menggeleng lagi.